Sunday, July 21, 2013

Yang Baik Dibilang Modus, Yang Modus Dibilang Baik

Baik dan buruk itu beda tipis..
iya perbedaannya sangat tipis, bahkan terkadang kita akan sangat sulit membedakan yang mana yang baik dan buruk.
apakah yang tampak indah selalu baik? Belum tentu.
dan apakah yang terlihat jelek selalu buruk? Belum tentu juga.
Banyak orang yang dipuji dan diagung-agungkan karena mereka terlihat baik, namun ternyata mungkin ada maksud lain di balik kebaikannya. iya saya sengaja garis bawahi kata mungkin karena kita akan sulit mengetahui nilai ketulusannya..
boleh juga saya dibilang terlalu banyak nonton sinetron atau drama..
tapi banyak kejadian di sekitar kita yang mencerminkan betapa tipisnya perbedaan baik dan buruk.

Contoh 1 :
banyak artis dan pejabat yang menyedekahkan harta mereka pada anak yatim piatu.
ITU BAIK
iya akan selalu menjadi baik seandainya tanpa diekspos oleh awak media. apa yang diharapkan ketika kebaikan itu diekspos?PENCITRAAN mungkin..
saya tidak bilang ini buruk, tapi alangkah baiknya ketika tangan kanan memberi tangan kiri tidak mengetahui. jadi boleh kan saya menyebut mereka modus tapi dibilang baik?


Contoh 2 :
ketika saudara dekat kita yang biasanya mungkin memiliki sikap kurang baik dan kurang menyenangkan hati kita menolong kita, kita akan beranggapan bahwa saudara atau teman kita tersebut hanya berpura - pura atau hanya ingin cari muka. padahal mungkin sesungguhnya dia sangat tulus menolong kita. lihat kan? betapa tipisnya perbedaan baik dan buruk

itu hanya contoh perumpamaan, tapi saya yakin sebenarnya banyak sekali kejadian seperti itu di sekitar kita. ada sebuah pengalaman yang membuat saya gemas.
ini terjadi seminggu yang lalu, ketika saya dan pacar saya nongkrong minum STMJ di daerah pulosari malang, iya saya kuliah di malang...heheh
jadi waktu itu ada dua pengamen kecil.
satu pengamen kecil berdendang di samping seorang mas-mas berambut gondrong yang menurut saya agak nyeremin dan yang satu ada di luar warung memetik gitar kecilnya (apa sih nama gitar yang kecil itu?gatau jadi saya sebutin gitar kecil aja.). alih-alih ngasih duit, mas ini malah ngajak ngobrol mereka. awalnya pengamen kecil yang nyanyi tadi diminta oleh mas tersebut buat ngajak temannya masuk. temannya ngotot gamau, tapi setelah dibujuk dan dirayu oleh yang satu, akhirnya pengamen yang pegang gitar kecil ini mau masuk juga.
disini mulai semakin menarik menurut saya. mas-mas tersebut memesankan dua bocah ini susu hangat. saya benar-benar terkesima lihat tampang mereka..
bener-bener girang kayak dapat duit sejuta..
entah mereka ngobrol apa, gak lama si bocah yang nyanyi tadi udah ngehabisin segelas besar susu hangatnya. nah yang ga bawa gitar ini gak habis kemudian minta dibungkus.
yang bikin saya takjub sebenarnya adalah tampilan mas ini. sumpah gahar dan sangar, tapi dia matanya bener-bener tulus waktu ngeliat dua anak itu kegirangan dibelikan susu..ya untuk mata yang tulus mungkin cuma perasaaan saya aja.tapi ini yang bener-bener saya rasakan..

seperti yang saya bilang bukan?
tidak selalu yang berpenampilan buruk (mungkin) itu tidak baik.
well, saya dapat pelajaran dari kejadian ini selain perbedaan baik dan buruk yang begitu tipis.

menyenangkan orang lain bukan cuma dengan uang atau penampilan yang baik..perhatian dan ketulusan itu tidak hanya akan menyenangkan orang lain..tapi juga bisa memberikan kebahagiaan tertentu dan mungkin pelajaran berharga bagi orang lain. 
 

0 comments:

Post a Comment

 
;